Selasa, 17 November 2020

Penggunaan Sistem Informasi Manajemen di Bidang Olahraga

     Olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh kita agar badan terasa sehat dan kuat, baik secara jasmani maupun rohani. “Gerakan badan yang dilakukan oleh perorangan atau lebih yang atau dapat dikenal regu”.

    Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang. 

    Data yang telah diatur dan diproses sehingga memberikan manfaat bagi para penggunanya. Informasi dibutuhkan untuk mengambil keputusan atau untuk meningkatkan proses pengambilan keputusan. Ketika kuantitas dan kualitas informasi meningkat, user dapat membuat keputusan yang lebih baik.

    Sistem informasi adalah komponen yang terdiri dari manusia, teknologi informasi dan prosedur yang memproses, menyimpan, menganalisi dan menyebarkan informasi untuk mencapai suatu tujuan.

*Portal Kementerian Pemuda dan Olahraga*

    Portal ini merupakan inisiatif langsung dari Menteri Pemuda dan Olah-raga, Dr.  Andi Alfian Mallarangeng.  Tujuan utama dari portal ini ada-lah memberikan informasi langsung ke publik secepat dan seakuratmungkin mengenai informasi kepemudaan dan keolah-ragaan di In-donesia.  Pendekatan utama yang dilakukan sangat berbeda dengansitus-situs kementerian lainnya.  Pendekatan yang diterapkan adalahsebagai berikut:

* Penyajian portal bergaya dinamis, sportif, dan bergaya muda. Inisesuai dengan warna dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

*Isi berita atau content pada portal ini berorientasi pada kegiatanbukan struktur kementerian.  Artinya isi dibagi bukan berdasar-kan deputy atau unit kerja, tetapi lebih kepada kegiatan tersebut.

*Portal Kemenpora akan memberikan info dari berbagai kegiatanKepemudaan dan Keolahragaan baik yang dilakukan oleh unitkerja Kemenpora atuapun yang terjadi di Indonesia.

*Kondisi Sistem Informasi Manajemen*

*Memanfaatkan teknologi Web 2.0, sehingga memungkinkan ba-nyak contributor secara aktif memberikan berita.

*Banyak kegiatan yang dikelola beragam pihak (event olahraga,persatuan olahraga, dsb)

*Beragam info dari sub unit di Kementerian Pemuda dan Olahra-ga.

*Mendorong  keterbukaan  informasi  tapi  tetap  dapat  ditentukanmana yang layak dipublikasi atau tidak.

Deskripsi dari SIM ini adalah :

> Pemanfaatan:  Pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Kepega-waian akan digunakan pada Bagian Kepegawaian Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai basis data dan informasi pega-wai di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga

> Unit pengelola: Bagian Sistem Informasi dan Pengolahan Data

> Waktu pengembangan: 3 (tiga) bulan (1 April s/d. 30 Juni 2009) .Sistem merupakan sistem berbasis Web dengan disusun meng-gunakan arsitektur LAMP (Linux, Apache, MySql dan Php). So-urce code dari aplikasi ini diberikan kepada pihak Kemenpora.Sehingga pada aplikasi ini source code dari program dapat dili-hat.

> Pengguna dari sistem ini adalah–Operator: Bagian Kepegawaian Biro Umum Sekretariat Ke-menterian Pemuda dan Olahraga–Publik: tidak menggunakan SIM ini.

> Penggunaan data oleh pihak lain:  tidak ada data, artinya datadari SIM ini belum banyak dimanfaatkan secara langsung kepa-da pihak lain

> Format data: tidak ada pendefinisian format data baku dari SIMini.

> Kondisi  implementasi  berjalan  baik  dengan  URL:http://simpeg.kemenpora.go.id

*Kondisi Sistem Informasi Manajemen*

> Problem yang ada: aplikasi SIM ini belum menyediakan kemam-puan untuk bertukar data dengan SIM lain atau melakukan inte-roperabiltias data dengan baik,

> Dokumentasi: Tersedia buku manual penggunaan sistem ini.

> Lisensi: tidak ada dalam kontrak, walaupun demikiansource co-dedari program ini diserahkan kepada pihak Kemenpora seba-gai pemberi kerja.

Sumber :

A.) https://docplayer.info/75262-Strategi-road-map-dan-bakuan-sistem-informasi-manajemen-kementerian-pemuda-dan-olahraga.html
B.) https://www.academia.edu/37090169/Sistim_Informasi_Olahraga_pptx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

USB

  Jelaskan apa yang menjadi dasar munculnya teknologi USB! Jelaskan cara kerja dari USB!                  Jawab :         1.  USB atau Unive...